OUR STORY (Kisah perjalanan cinta 5000km)


     “Menurut kamu, cinta itu apa?”

Itu pertanyaan pertama yang keluar dari mulut Haruna, pacar gue. Shirai Haruna, cewek yang lahir dan tumbuh di Sapporo, Hokkaido, Jepang ini secara luar biasa dan tak terduga menerima gue yang mukanya pas-pasan ini jadi pacarnya. Ya, cinta beda negara, beda budaya dan beda agama. Itu yang lagi gue jalanin sama Haruna.

     Semua bermula ketika teman akrab gue mengenalkan gue ke Haruna.

“Bang, gue ada kenalan cewek Jepang nih. Orang Hokkaido lagi kuliah setahun di UNPAD. Baru aja nyampe di Indonesia. Orangnya sopan banget, ngomongnya juga halus kayak putri Solo. Mau gue kenalin gak? Gue udah kenal dia lama, gue tau dia, gue juga tau lu. Gue rasa kalian cocok. Lu bantuin dia ajarin bahasa Indonesia aja dulu, ya. Kali aja nanti bisa dapet lebih.”

“Boleh, kasih aja LINE gue”

Saat itu gue mikir, gak mungkin orang kayak gue bisa jadian sama orang Jepang. Toh dari segi finansial dan fisik gue gak ada apa-apanya. Tapi saat itu karena niat gue baik untuk bantu dia ngajarin bahasa Indonesia, yaudah gue ‘sikat’ aja.

“Selamat malam, Saya Aditya temannya Deani. Salam kenal ya Haruna.” Isi chat pertama gue ke Haruna.

“Selamat malam, senang berkenalan dengan kamu. Tolong bantu aku, ya!” balasnya.

Chatting kemudian berlanjut dengan basa-basi klasik orang Indonesia yang pertama kali kenal sama orang asing yang belajar bahasa Indonesia. Chatting berlangsung dengan seru dan menarik. Diluar dugaan, Haruna ternyata cewek yang supel. Gue yang awalnya berpikir chat ini bakal alot tapi ternyata gue salah. Dia cerita banyak tentang kehidupan dia di Jepang dan dia pun juga tanya banyak tentang kehidupan gue. Gue tau hampir semua cewek Jepang itu dingin. Lebih tepatnya, pemalu dan gak tau bagaimana berkomunikasi dengan lawan jenis. Makanya, menurut gue Haruna itu cewek Jepang yang langka.

“Kapan kamu ke Bandung?” tanya Haruna.
“Hm, 2 minggu lagi aku ada rencana ke Bandung.”
“Ayo ketemuan!”

Gue kaget baca chat dia yang ngajakin ketemuan. Akhirnya dengan niatan baik, gue berencana ke Bandung untuk ketemuan sama dia. Gue berpikir bahwa gue harus ‘nyetor muka’ ke Haruna supaya dia merasa nyaman, dan gue pun juga wajib tau muakanya dia. Meskipun bisa lihat mukanya dia via avatar LINE tapi rasanya gak afdol kalo gak ketemu langsung.

Singkat cerita 2 minggu kemudian gue ketemuan di Bandung. Rasa deg-degan, penasaran, bingung semua campur aduk. Gue datang lebih cepat dari waktu janjian jadi gue memutuskan ke minimarket untuk sekedar duduk dan minum. Setelah sekitar 20 menit menunggu, akhirnya gue ngeliat cewek pake baju pink lengan panjang, berdiri di depan gerbang UNPAD, gue langsung samperin karena hanya dia satu-satunya orang yang berdiri di depan gerbang UNPAD.

“Haruna?” tegor gue sambil liat mukanya.
“Aditya?”
“Iya. Wah halo! Akhirnya kita ketemuan ya.”
“Iya ya. Maaf udah nunggu lama ya karena tadi angkotnya lama.”
“Gak apa-apa. Yuk kita ke Ciwalk. Saya mau makan burger,” ajak gue.

Lalu, gue pesan taksi online menuju Ciwalk. Ketika taksi onlinenya datang, gue dengan sigap
membukakan pintu dan mempersilakan Haruna untuk masuk lebih dulu. Awalnya gue ngebayangin kalo bakal canggung di perjalanan tapi ternyata gue salah. Haruna ngasih liat buku catatannya dia sambil bilang, “Aku belajar bahasa Sunda sedikit,” dengan bahasa Jepang.

Gue pun balas dengan bahasa Jepang “Kamu diajarin siapa?”

“Teman aku.”

Gue ketawa karena kata yang dia pelajari itu hampir semua kalimat yang kasar. Gue pun kasih tau dia yang mana kata yang kasar. Gelak tawa dan cerita yang seru mengisi perjalanan gue ke Ciwalk sampe akhirnya gak kerasa udah sampe di sana. Sampe di sana gue langsung ke restoran burger dan pesan untuk gue dan Haruna. Kami makan sambil bicara berbagai macam hal tentang Jepang dan Indonesia. Kemudian gue inisiatif video call teman yang udah ngenalin gue ke Haruna.

“De, gue udah ketemu Haruna nih.”
“Mau ngomong dong sama Haruna.”

Haruna dan Deani bicara cukup lama dan diakhiri, “Jagain Haruna ya bang!”.

Lalu, gue mengajak dia ke dalam mall karena gue gak mau perjalanan Jakarta-Bandung yang
memakan waktu sekitar 3 jam ini terbuang percuma. Jadi gue ajak dia muterin mall supaya bisa ngobrol lebih banyak lagi. Kemudian, Haruna ngajak gue ke toko baju. Dia minta tolong ke gue untuk pilihin baju ke gue. Saat itu jujur, gue baper. Gue baru pertama kali diajak cewek ke toko baju lalu disuruh pilihin baju untuk dia. Sayangnya ketika waktu menunjukkan pukul 6 sore gue harus berpisah sama Haruna. Gue nginap di kos teman gue. Malamnya gue LINE Haruna.

“Haruna, besok jam 7 pagi sebelum saya pulang ke Depok, mau sarapan bareng gak di depan UNPAD? Kita makan di warung aja. Makanan khas Indonesia.”

“Boleh. Sampai besok ya.” Balas dia singkat.

Keesokan harinya gue janjian di depan gerbang UNPAD. Setelah dia datang, gue langsung
makan nasi kuning di warung sebrang gerbang UNPAD. Saat itu, kami kembali bercerita tentang masing-masing budaya dan Haruna juga tanya tentang Islam ke gue.

Jarum jam menunjukkan jam 11 pagi dan gue harus ke stasiun Bandung. Ketika gue ngeliat
Haruna, gue takut untuk membiarkan dia jalan sendirian ke kosan di situasi yang ramai karena ada bazar pagi. Akhirnya, gue temenin dia sampe ke kosan dia. Gue pun lagi-lagi cerita banyak hal tentang dia, sampe-sampe gue nekat nanya ke dia “Kamu gak punya pacar?”. Lalu di jawab “Aku belum pernah pacaran.”. Jujur, gue kaget mengingat budaya Jepang yang sangat bebas dan banyak cowok-cowok Jepang yang ganteng tapi dia belum pernah pacaran. Ditambah dari segi fisik Haruna termasuk cewek yang sangat cantik. Gak kerasa, waktu terasa cepat. Lalu gue pun berpisah sama Haruna di depan kosnya. “Kalo ada waktu kita ketemu lagi ya!” ucap gue sambil pesan ojek online.

Dia pun membalas,
“Iya. Hati-hati di jalan ya.”

Malamnya gue sampe di rumah. Sampe di rumah gue LINE dia “Aku udah di rumah ya!”

Gue mulai menggunakan kata ‘Aku’ supaya ada kesan akrab. Sebenarnya gue sedikit ‘taruhan’ atas pertemuan tadi. Bagi gue kemungkinan hanya ada dua. Haruna gak takut sama gue dan hubungan ini terus berlanjut atau Haruna takut sama gue dan hubungan ini berhenti sampai sini. Diluar dugaan, setiap hari dia chat gue nanyain tentang bahasa Indonesia. Gue pun balas semua pertanyaan dia.

Sampe suatu ketika, rasa kepo gue keluar. Gue pengen tau reaksi dia kalo gue telpon dia. Akhirnya gue telpon dia, lalu kami pun membahas bahasa Indonesia selama sekitar 20 menit. Oke lah gak apa-apa telpon sekarang cuma bahas bahasa Indonesia. Karena gue gak mau terlihat agresif. Gue mau ‘bermain’ secara halus. Di tengah-tengah chat, gue kaget ketika dia ngasih tau kalo dia mau ke Jakarta dan mau ketemu temannya di Bogor. Dia juga minta tolong ke gue untuk carikan kamera, karena ada satu kamera yang lagi dia pengen. Pulang kerja hujan-hujanan gue ke toko kamera di Kemang, Jakarta dan kebetulan kamera yang dia inginkan itu ada. Kemudian kami ketemu di Gambir, lalu ke Bogor dan keesokan harinya kami beli kamera di Kemang, setelah beli kamera gue ngajak dia ke Kafe Korea di bilangan Kemang. Gue tau dia suka dessert makanya gue selalu cari kafe yang instagramable. Selama ini gue selalu inisiatif cari tempat bagus untuk kencan karena gue tau cewek Jepang lebih suka diajak ke suatu tempat daripada ditanya mau berkunjung ke tempat apa.

Di kafe itu gue ngobrol, foto dan sekalian nyobain cara pake kamera baru. Setelah dari kafe itu gue anter dia ke stasiun gambir karena dia harus pulang ke Bandung. Jujur entah kenapa gue merasa sedih padahal saat itu gue belum jadian meskipun udah ada rasa suka. Gue berpikir apakah gue bisa terima konsekuensi kalo gue jadian sama dia dan harus LDR.

Singkat cerita, 2 minggu setelahnya gue pergi ke Bandung, balik kerja gue langsung naik bus ke Bandung sama temen gue dan nginap di kosan temen gue. Kali ini gue mau wisata ke Lembang, gue ajak Haruna dan temen-temen gue yg di Bandung karena gue pengen tahu apakah dia risih atau bisa membaur sama temen-temen gue. Setelah ketemu temen-temen gue, meskipun awalnya malu-malu tapi dia langsung bisa membaur sama temen-temen gue. Gue merasa takjub. Karena biasanya cewek Jepang pemalu.

Setelah gue wisata di Lembang, malamnya giliran gue yang ketemuan sama temennya dia. Gue diajak makan-makan di rumah temannya. Di rumahnya juga dateng temannya yang orang Korea dan Jepang. Haruna pengen banget denger gue ngomong bahasa Korea, dan kebetulan ada temennya yang orang Korea sesampainya di sana gue ngomong bahasa Korea. Gue gak nyangka kalo ternyata temen Koreanya yang bernama Ji Ah ini akrab banget sama Haruna. Gue dengan blak-blakan bilang ke Jiah kalo gue suka sama Haruna tapi gue gak tau Haruna suka sama gue atau gak.

Lalu Ji Ah bilang “Saya gak bisa bilang ini ke kamu tapi kalo menurut saya, lebih baik kamu ngomong dan percaya diri.”. setelah denger pernyataan Ji Ah gue jadi yakin kalo Haruna suka sama gue. Tapi gue masih belum mau kegeeran dulu.

Di sana gue makan selayaknya makan-makan. Ada teman laki-laki Haruna, Bram. Setelah dia datang, gue kenalan, ngobrol-ngobrol sama dia lalu dia bilang “titip Haruna ya, Dit.”. Gue makin kaget dan yakin kalo Haruna suka sama gue. Karena logikanya, gak mungkin seseorang ngomong kayak gitu sama orang yang baru dikenal kecuali Haruna udah cerita duluan tentang gue dan dia bilang suka sama gue ke orang itu.

Makan-makan berlangsung sampe jam 12 malam. Gue pesen grab dan gue antar Haruna sama Ji Ah sampe ke kosan. Dari kosannya dia, gue balik ke kosan temen gue.

Sampe di kosan temen gue, gue nanya ke temen gue pendapat dia tentang Haruna tadi. Dia menjelaskan hal-hal positif tapi dia juga meyakinkan gue mengenai beda agama, budaya dan jarak yang harus dipikirkan. Gue juga berpikir sih bakal ada permasalahan yang bakal terjadi kalo gue jadian sama Haruna, tapi itu wajar menurut gue. Hubungan yang masih satu agama, budaya dan negara aja masih sering berantem dan cek-cok dengan alasan sepele. Dengan kemantapan hati gue memutuskan untuk maju deketin Haruna.

Keesokan harinya, gue jalan sama Haruna ke Ciwalk. Makan dan belanja. Ketika gue mau balik, hujan deres banget. Grab pun gak dapet-dapet. Gue sempet kesel juga karena kenapa gak ada yang ‘nyangkut’ sedikitpun. Kemudian tiba-tiba Haruna nanya;

“Kenapa kamu selalu traktir aku kalo lagi ketemuan?”

Gue kaget dan gue yakin ini kesempatan! Lakukan atau tidak sama sekali.

“Karena kalo cowok Indonesia biasanya selalu traktir cewek yang dia suka.”

Haruna kaget dan bingung.
“Ngerti maksudnya?” kata gue,
“Iya, aku suka sama kamu. Kamu mau jadi pacar aku?” tembak gue
pake bahasa Jepang.

Haruna kaget tapi senyum-senyum. Sekitar 5 menit dia diam dan hanya bisa senyum-senyum.

“Lalu, gimana?” tanya gue
“Coba tolong bilang sekali lagi.” Pinta Haruna
“Kamu mau jadi pacarku?”
“Iya mau”

Seakan mendapat uang satu milyar, kebahagiaan tiada tara, selain gue melepas jomblo juga pertama kalinya gue pacaran sama orang luar negeri, apalagi orang Jepang yang punya image cantik dikalangan cowok Indonesia. Saat itu gue merasa semesta kayak mendukung, mulai dari perkenalan yang terasa sangat mulus, hangat dan ramah, perjalanan pendekatan yang sangat mulus. Gue hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada Allah, meskipun gue tahu pacaran bukan jalan yang diridhoi tapi gue pengen ngucapin terima kasih.

_____

Satu bulan, dua bulan, tiga bulan berjalan banyak sekali rintangan yang dihadapi di hubungan ini. Perbedaan budaya dan pola pikir yang signifikan terkadang bikin jengkel juga tapi alhamdulillahnya ketika ada masalah terjadi, kami berdua selalu berunding karena dari awal pun gue bilang ke Haruna kalo ada apa-apa lebih baik bilang aja dan kita selesaikan berdua dengan kepala dingin. Banyak sekali masalah yang terjadi kayak contohnya ketika lagi kangen tapi dia gak mau video call dengan alasan dia main sama temannya, atau ketika dia lagi sakit atau sedih tapi gue gak bisa ada di samping dia, Cuma bisa hibur dia via telpon atau video. Sedih memang tapi itu yang dinamakan resiko LDR. Segala sesuatunya pasti ada hikmahnya. Gue mengambil hikmah dari hubungan jarak jauh ini, kami berdua jadi punya waktu untuk keluarga, teman dan untuk diri sendiri, yang perlu dilakukan hanya saling percaya dan menjaga komunikasi. Alhamdulillah, kami berdua selalu melakukan itu hingga sekarang.

Banyak banget teman gue yang nanya, kami berdua kalo lagi ngobrol pake bahasa Indonesia atau bahasa Jepang? Jawabannya adalah tergantung hari. Kenapa tergantung hari? Karena gue sama Haruna sepakat, setiap senin, rabu, kamis kami ngobrol pake bahasa Indonesia di chat atau di video call, setiap selasa dan kamis pake bahasa Jepang. Setiap sabtu dan minggu bebas pake kedua bahasa itu. Karena gue pembelajar bahasa Jepang, Haruna pembelajar bahasa Indonesia. kami saling membutuhkan di bidang ini. Kalo gue setiap hari pake bahasa Jepang, nanti bahasa Indonesia Haruna gak berkembang, begitu juga sebaliknya. Karena itu, supaya kami bisa berkembang bersama kami memutuskan “hari bahasa” ini.

Gak kerasa hubungan kami udah berjalan 8 bulan, hubungan semakin erat. Kami juga berkali-kali traveling ke berbagai tempat di Indonesia, dari traveling itu gue merasa jadi semakin mengenal Haruna. Ketika lebaran pun, Haruna datang ke Depok dan bertemu keluarga besar gue dan Alhamdulillah respon keluarga besar gue sangat baik. Gue pun pernah satu kali traveling bareng ibu, om dan tantenya Haruna yang sengaja dateng dari Hokkaido ke Jogja untuk jalan-jalan dan minta gue nemenin mereka. Gue cukup bicara banyak dengan ibunya dan ibunya sangat ramah.

___

Sayangnya, Juli 2018 Haruna harus pulang ke Jepang karena studynya di Indonesia udah selesai. Di sini gue merasakan kesedihan yang dalam, LDR Jakarta-Bandung masih sanggup gue jalanin karena setiap bulan gue ke Bandung, dan Haruna pun gantian datang ke Depok, mulai ke depan gue harus menjalani hubungan Depok-Tokyo. Iya, kami terpisah sekitar 5000km. Apakah gue bisa? Berapa kali gue bisa ketemu dalam satu tahun? Itu pertanyaan di diri gue.

Hari terakhir sebelum dia pulang, gue jalan sama dia, nonton, ketika kencan itu gue senang tapi sedih, gue tatap senyumannya sambil berpikir besok dia pulang dan kapan gue bisa liat senyum itu lagi. Sedih banget tapi ini resiko yang harus gue jalanin. Haruna pun menuliskan surat untuk orang tua gue di depan gue, dia menulis surat itu sambil menangis. Air mata gue pun jatuh karena gue gak nyangka segitu sedihnya dia.

“Terima kasih karena selalu baik dan perhatian sama aku meskipun aku orang Jepang dan bukan muslim. Aku berdoa semoga nanti ayah dan ibu bisa ke Hokkaido dan aku akan ajak ayah dan ibu ke tempat yang indah.”

Salah satu kalimat yang bikin gue nangis bacanya.

Keesokan harinya, pagi hari, gue, ibu gue dan adik gue mengantar Haruna ke bandara, di perjalanan gue mau nangis, sedih banget tapi gue gak mau nunjukkin itu ke Haruna. Hari itu Haruna sangat berisik, dia bicara banyak banget, seakan-akan mengalihkan kesedihan, gue pun mengajak dia bercanda biar makin gak sedih. Ketika bercanda gue keinget ternyata waktu sangat cepat, gue merasa kayak baru kemarin gue kenal dia, jalan sama dia, nembak dia, ketawa bareng dia tapi dia hari ini dia harus pulang. Hari terakhir gue lihat senyum dia saat itu. Sesampainya di bandara, ibu gue dan adik gue ninggalin gue berdua, mereka ngasih gue waktu untuk terakhiran sama Haruna. Gue sempet nangis kecil tapi Haruna hibur gue. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk masuk ke imigrasi, di pintu keberangkatan gue dan Haruna nangis.

“Jangan sedih ya sayang karena kita pasti ketemu lagi. Aku akan cari cara supaya bisa ketemu secepatnya ya. Inget kita punya mimpi kencan di Tokyo, aku akan berusaha supaya mimpi kita itu tercapai. Jadi kamu jangan nangis lagi ya.” Hibur gue. Gue belum pernah merasakan kesedihan seperti ini. Ngeliat orang yang sangat disayangi pergi ninggalin kita dan gak tahu kapan bisa lihat dia lagi. Tapi gue harus ikhlas. Di perjalanan pulang ke rumah gue sedih banget, ibu gue berusaha ngajak gue ngobrol dan bercanda di mobil tapi gue hanya ketawa yang gak ikhlas.

Sesampainya di rumah, gue buka hadiah dari Haruna, isinya foto album dan foto-foto selama kencan di Indonesia, surat dan kartu starbucks. Ketika gue baca surat itu, gue menangis lagi.

“Aku akan tunggu waktu sampe kita ketemu lagi di Jepang. Sampe saat itu ayo kita semangat. Aku udah cukup senang ketika lihat kita saling senyum.”
Kalimat yang sangat menyentuh dan polos yang berisikan harapan. Ketika baca surat itu, gue bertekad harus ke Jepang untuk ketemu dia lagi.

___

Agustus 2018. Bulan ulang tahun gue. Ketika gue ulang tahun, gue senang tapi sedih karena Haruna gak ada di samping gue buat rayain ulang tahun tapi gak apa-apa setidaknya ketika Haruna ulang tahun, gue sempet ngerayain bareng dia. Dari pagi sampai sore gak ada pesan ucapan ulang tahun apapun dari dia. Sedih banget. Tapi malam harinya, dia kirim video yang berisi kumpulan foto-foto kami dan dia tulis

        “Selamat ulang tahun beruang! Semoga kamu bahagia selalu dan cepat kurus ya. Maaf gak bisa ucapin secara langsung, ulang tahun kamu tahun depan kita pasti rayain bareng.”

Baca chat dari dia, galau gue hilang. Senang banget meskipun hanya seperti itu. Di bulan ini pun gue minta restu ke orang tua gue kalo November gue mau ke Jepang untuk ketemu Haruna. Ajaibnya, orang tua langsung merestui. Gue langsung beli tiket dan urus visa. Gak lupa, gue juga kasih tau Haruna tentang keberangkatan gue ke Jepang.

Meskipun kami terpisah jarak yang cukup jauh dan perbedaan waktu yang berbeda dua jam, tapi setiap malam kami video call bahkan biasanya sampe 3 jam, sekedar melepas rindu dan tertawa. Gue agak heran juga Haruna mau setiap malam video call, karena orang Jepang yang gue tahu dan dari cerita temen gue, orang Jepang anti banget telponan bahkan video call setiap malam meskipun sama pacarnya sendiri. Tapi ternyata di sini gue paham kalo gak semua orang Jepang kayak gitu.



2 November 2018.     Hari yang ditunggupun datang. Gue diantar tiga sahabat gue ke bandara. Paginya gue kerja, sorenya langsung ke bandara. Di Jepang nanti gue menginap di apartemen Haruna jadi biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan kepergian gue ke Jepang ini membawa misi. Gue gak mau pacaran yang begini-begini terus, gue mau hubungan yang serius. Entah kenapa gue merasa sangat yakin kalo Haruna adalah yang terbaik dan yang terakhir. Gue berniat mau melamar dia di sana tepat di hari jadi kami yang satu tahun, 5 November 2018. Gue sering bicara masalah pernikahan sama Haruna dan respon dia positif tapi rencana pelamaran ini gak gue kasih tau ke Haruna karena gue mau ini jadi kejutan. Kami udah menyusun rencana jalan-jalan selama satu minggu tapi Haruna masih gak tahu kalo bakal gue lamar. Sebelumnya, gue udah beli cincin, bermodalkan nekat gak tahu ukuran jarinya, gue beli cincin. Sebelum berangkat gue gak lupa minta doa dari orang tua gue dan menelepon nenek gue. Gue minta restu supaya dilancarkan niatan gue untuk melamar Haruna. Alhamdulillah, direstui oleh ibu gue.


3 November 2018.     Setibanya di bandara Haneda Tokyo, gue melihat sosok wanita yang sangat gue kenali, rambut yang mulai memanjang, senyum yang khas menghampiri gue di pintu kedatangan. Ya, akhirnya gue ketemu dengan Haruna. Perasaan yang terjadi sangat gak bisa digambarkan dengan kata-kata, gue langsung pegang erat tangan Haruna dan gak ngelepasin genggaman sedetikpun.

“Lama gak ketemu ya sayang.” Ucap Haruna
“Iya, lihat kan? Aku menepati janji aku untuk datang ke Jepang. Hehehe” balas gue


Singkat cerita, kami makan Ramen Halal di daerah Shinjuku, Tokyo. Di perjalanan gue masih gak percaya kalo sekarang gue ada di samping Haruna, bisa lihat senyumnya dia, bisa pegang tangannya, bisa peluk dia. Perjalanan di Jepang sangat menyenangkan, kami berdua lupa dengan handphone, kami berdua benar-benar menikmati pertemuan ini.


4 November 2018.     Kami pergi ke festival di kampus Haruna. Haruna sangat ingin lihat pesta kembang api. Di festival itu pun gue dikenalin Haruna ke teman-temannya. Alhamdulillah mereka welcome dan hangat karena gue khawatir mereka gak suka dengan gue karena fisik gue yang jauh dari kata ganteng. Malamnya, kami lihat kembang api. Indah banget. Gue pun gak lupa mengabadikan kembang api itu. Setelah pesta kembang api selesai, gue pulang ke apartemen Haruna yang cuma berjarak 10 menit jalan kaki.

“Aku senang tahun ini aku bisa lihat kembang api sama kamu.” Ucap dia polos.

Gue terharu dengarnya sampe-sampe air mata gue mau keluar. “Aku pun sama.” Balas gue sambil tersenyum. Perasaan bahagia sangat terasa di setiap detik tapi disatu sisi juga ada kesedihan di dalamnya karena gue hanya seminggu di sini dan harus terpisah lagi.

5 November 2018.     Hari pelamaran. Gue seharusnya hari ini ke Kamakura tapi karena mahal ongkosnya yang hampir satu juta, akhirnya kami membatalkan agenda itu dan pergi keliling Tokyo. Kami pergi ke Asakusa, tempat di mana sungai Sumida berada. Sungai yang sangat indah. Di pinggir sungai Sumida, gue mengajak Haruna duduk untuk istirahat sebentar.

“Sungai ini bagus ya.” Ucap gue
“iya ya.”
“Selamat tanggal lima. Selamat hari jadian yang ke satu tahun. Terima kasih selama ini kamu selalu ada di samping aku meskipun kita terpisah jauh tapi kamu selalu membuatnya terasa dekat. Terima kasih udah selalu terima aku apa adanya dan dengan cincin ini aku berniat menjalani hubungan yang serius dengan kamu. Dua tahun lagi, ayo kita menikah.” Ucap gue sambil memberi cincin.

“dua tahun lagi? Ayo.” Balasnya sigap.

“Kamu harus pake cincin ini setiap hari ya! Karena aku juga pake cincin punyaku setiap hari.”

“iya.” Jawab Haruna dengan senyum cerah.

Sekali lagi, seakan semesta mendukung, perjalanan gue sejauh ini gak sia-sia. Wanita yang sangat gue sayangi dan gue harapkan akan menemani gue seumur hidup menerima lamaran gue. Sebuah kebahagiaan yang gak bisa diukur meskipun gue tau perjalanan gue berikutnya masih sangat jauh dan sulit tapi gue sangat bahagia karena udah mencapai titik ini. Setelah kasih cincin, gue lanjut lagi keliling Tokyo lalu pulang ke apartemennya.


7 November 2018.     Hari ini gue berencana untuk main ke kantor pusat kantor gue di Tokyo. Sesampainya di sana gue dikenalin dengan staff dan petinggi di sana. Lalu, gue pergi ke taman Ueno, setelah dari sana malam harinya gue ketemu bosnya Haruna. Iya, bosnya Haruna udah tahu perihal niatan gue untuk menikah, ajaibnya dia mau bantu gue ketika nanti gue menghadap bapaknya Haruna, tapi syaratnya gue harus ketemu bosnya dulu. Baru aja ketemu bosnya, dia langsung nembak
“jadi kapan kalian nikah?”
“rencana kami dua tahun lagi.” Jawab Haruna.
“kenapa dua tahun lagi?”
“Karena kami harus menabung.” Jawab gue
“Oh gitu ya nabung ya. Bagus bagus. Kapan kamu datang ke Jepang lagi?”
“Kemungkinan Mei tahun depan.” Balas gue
“Mei itu langsung mau ketemu keluarga Haruna?”
“Belum tentu karena Haruna belum bilang ke orang tuanya tentang ini.” Jawab gue.

Alasan gue memilih dua tahun lagi karena gue sadar Haruna adalah orang Jepang, meskipun dia terima gue apa adanya tapi gue sebagai cowok harus mengembangkan diri supaya jadi lebih baik dan butuh penghasilan yang baik pula. Gue juga memberikan waktu untuk Haruna belajar Islam dan menjelaskan ke orang tuanya pelan-pelan. Dalam dua tahun ini, gue nabung keras, November 2019 gue ke Jepang untuk lanjut sekolah bahasa Jepang level bisnis satu tahun atau maksimal dua tahun. Setelah itu gue mau coba kerja di sana lalu menikah. Haruna pun semacam menantang gue “Kalo kamu dapat N1 dan kerja di Jepang aku mau nikah.”. Mungkin terdengar berat tapi bagi gue itu wajar karena tantangan dari Haruna juga memicu gue untuk maju dan masih sejalan dengan rencana masa depan, gue pun sebagai laki-laki merasa tertantang. Singkat cerita, bosnya Haruna suka dengan hubungan kami. Dia bilang kami cocok meskipun bosnya baru pertama kali ketemu. Pertemuan dengan bosnya terasa sangat lancar dan hangat.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali gue dan Haruna pergi ke Kawaguchiko. Danau yang berada di kaki gunung Fuji. Di sana kami melihat Momiji, yaitu daun-daun berwarna merah, kuning yang berguguran dengan sangat indah. Kami menginap di salah satu hotel di gunung fuji dan pertama kalinya gue masuk pemandian air panas. Enak banget. Malamnya, kami jalan kaki sekitar satu jam buat ke tempat di mana katanya Momiji paling indah ada di sana. Sesampainya di sana benar aja indah banget. Jalan kaki yang satu jam itu seakan capeknya hilang karena disuguhkan pemandangan yang indah banget. Setelah puas foto-foto dan melihat-lihat, kami pun kembali ke hotel.

9 November 2018, kami pulang dari gunung Fuji.

10 November 2018.     Hari terakhir kunjungan gue di Jepang, besok gue harus pulang. Hari ini gue ke masjid yang terkenal di Tokyo, Masjid Jami di daerah Yoyogi, Tokyo. Gue sengaja ajak Haruna ke masjid karena gue mau “titip” Haruna untuk belajar islam dan Haruna pun ternyata juga antusias untuk ke masjid. Sesampainya di sana kebetulan ada kajian penciptaan manusia berdasarkan Al-Quran dan gue sama Haruna langsung menghadiri kajian tersebut. Setelah kajian itu selesai, kami masuk ke masjid dan foto masjid itu. Lalu, Haruna minta pulang, agak sedih karena begitu cepat dia minta pulang tapi gak apa-apa, gue gak mau paksa dia untuk berlama-lama di masjid, biarkan Allah yang memberikan dia hidayah. Sesampainya di stasiun Tsukuba. Gue membeli burger, ketika gue lagi
nunggu pesanan, Haruna lihat artis Norwegia yang tenar di Jepang, namanya Yabatan. Gue sama Haruna fansnya Yabatan, semenjak Haruna masih di Indonesia kami selalu pantengin instagramnya Yabatan. Gak nyangka banget bisa ketemu sama artis yang sama-sama kami idolakan. Setelah pesanan gue selesai, gue pun pulang. Di perjalanan kami masih senang banget karena bisa ketemu Yabatan.

Di malam terakhir ini, gue packing dibantu Haruna. Gue melihat wajah sedih Haruna ketika bantuin gue. Gue pun sedih tapi harus kuat. Malam terakhir kami makan camilan sambil nonton DVD dan kami memutuskan untuk gak tidur supaya bisa puas menikmati malam terakhir berdua. Ketika nonton DVD pun sempat kami menangis berdua. Kami tahu besok kami akan terpisah lagi, meskipun Haruna bilang Maret akan ke Indonesia tapi tetap aja kami sedih. Satu minggu berlalu begitu cepat. Tapi gue berusaha menguatkan dia meskipun gue juga menangis.

“Maaf ya besok aku harus pulang. Aku minta kita bersabar dua tahun. Dua tahun aja, nanti kita menikah lalu bisa terus bersama. Mengerti kan?” ucap gue sambil menangis.

“kapan kita bisa tinggal bareng?.” Ucapan polos yang diucapkan seorang Haruna yang lagi nangis sambil meluk gue.

“Nanti ketika kita udah menikah kita bisa tinggal bareng. Kita akan ketemu terus setiap hari. Bisa ketawa setiap hari. Kamu akan lihat aku terus setiap hari. Jadi aku minta kita sabar dan berjuang bareng ya selama dua tahun ini. Tapi lebih cepat lebih baik.” Hibur gue.

Sebenarnya gue bukan tipe yang mudah menangis tapi setiap kali berpisah sama Haruna pasti gue gak bisa menahan air mata.

11 November 2018.     Hari ini gue pulang. Sekali lagi, kesedihan yang amat sangat karena harus terpisah lagi dengan Haruna. Di sepanjang perjalanan menuju bandara, Haruna menangis. Gue Cuma bisa menggenggam tangannya erat dan menahan air mata. Kalo gue nangis nanti Haruna makin sedih. Gue gak mau itu terjadi. Sesampainya di bandara Haneda, gue keliling-keliling bandara, gue gak mau melepaskan genggaman tangan sedikitpun. Kami bercanda supaya gak sedih. Gak terasa gue harus udah masuk imigrasi. Di pintu masuk imigrasi, gue lepas genggaman tangan, gue peluk dia dan cium keningnya.

“Aku pulang dulu ya. Jangan sedih karena kita pasti ketemu lagi sayang. Nanti malam ketika sampe di Indonesia aku video call kamu ya.”


__

Haruna Cuma bisa menangis, gue gak bisa apa-apa. Gue masuk imigrasi sambil menangis. Melewati semua prosedur dan gue sempat lihat Haruna dari jauh. Gue lihat dia menangis dan gue lambaikan tangan ke dia sambil menangis. Ketika gue masuk pesawat, gue masih menitikkan air mata sambil melihat foto-foto dan mengingat kenangan ketika kencan kemarin. Gue hanya bisa bersabar menunggu bulan maret untuk ketemu dia lagi. Meskipun sedih tapi gue harus ikhlas dan harus menjalani hidup demi target menikah dengan Haruna. Gue masih gak tahu skenario Allah kedepannya kayak gimana. Tapi demi masa depan gue, demi Haruna, gue harus semangat kerja dan berdoa supaya dipermudah jalannya oleh Allah. Karena gue mau hidup bareng Haruna selamanya. Perjalanan ke Jepang kali ini entah kenapa gue merasa sangat dimudahkan, mulai dari pembelian tiket pesawat yang alhamdulillah dapat maskapai premium dengan promo harga sangat murah, proses pembuatan visa yang lancar, proses pendapatan cuti kerja yang sangat lancar, restu dari orang tua gue dan ibu Haruna yang mengizinkan gue tinggal di apartemennya, niat lamaran yang sangat lancar hingga gue pulang ke Indonesia dengan selamat. Sekali lagi, gue gak tahu masa depan akan jadi seperti apa tapi sebagai laki-laki gue harus terus berusaha keras dan berdoa supaya impian menikah ini bisa terwujud dan gue yakin Allah akan mempermudah niat pernikahan ini, kalaupun jika pada akhirnya ternyata ujungnya gue gak jadi menikah sama Haruna, setidaknya sebagai laki-laki gue udah menunjukkan keseriusan dan berjuang untuk dia tapi semoga ujung perjalanan cinta ini dipertemukan dengan ujung yang indah oleh Allah. Pernikahan Muhammad Aditya dan Shirai Haruna. Aamiin.

Comments

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    Blogger :
    * Dunia Traveling
    * Dunia Sex
    * Artikel Seks
    * Film & Movie
    * Majalah Kesehatan

    Daftar SahabatQQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Sahabat

ABOUT US! Setapak.Rasa

STORY CORNER by Setapak.Rasa